Jumat, 15 Desember 2023

SEJARAH dan Perkembangan BRIKER

 

A. PENGERTIAN

    Briker adalah perangkat lunak yang di gunakan sebagai sentral telepon,briker juga bisamemudahkan komunikasi yang berbasis open source. Briker memiliki biaya lebih hemat,selain itu briker ini mendukung voice dan video conference, yang lebih menariknya dari briker yaitu menciptakan LCR (least cost routing). Atau briker juga bisa di artikan sebgai IPPBX berbentuk sofware atau sistem operasi Linux.

B. SEJARAH BRIKER

    Briker mulai dikembangkan sekitar pertengahan tahun 2008. “Pengembangannya tidak terlalu lama juga, hitungan bulan, tidak sampai setengah tahun,” Distro (distribusi) Linux yang satu ini dibangun bersama beberapa rekan anton raharja yang ikut memelihara VoIP Rakyat. “Di sana ada tim dari PT Infotech Media Nusantara.”

Briker dikembangkan dengan mengintegrasikan beragam open source software. “Daftar lengkapnya ada di dalam Briker itu sendiri, tidak rahasia sama sekali. di sana ada Linux, server VoIP, database, web server, dan banyak lagi software pendukung. Beragam software itu pun punya lisensi yang beragam. Antara lain LGPL, GPL, GPLv3, BSD License. Semuanya terbuka untuk umum, dapat dibaca, dipelajari dan diubah.

VoIP Rakyat dan Briker, keduanya sama-sama dikembangkan sebagai media komunikasi. Lalu, apa bedanya? “VoIP Rakyat adalah penyedia jasa telekomunikasi berbasis IP (internet protocol), baik voice, video, maupun teks. VoIP Rakyat sifatnya gratis dan tidak resmi. Menurutnya, solusi komunikasi ini fokus pada pemanfaatan jaringan berbasis IP yang telah ada.

C. FUNGSI BRIKER

   Fungsi dari Briker itu sendiri adalah sebgai berikut :

   - Menyediakan VoIP server yang instan.

   - Pemutusan hubungan telepon,translasi protokol komunikasi, translasi media komunikasi atau transcoding serta pengendalian perangkat perangkat IP teleponi seperti gateway, access gateway dan trunk gateway.

   - Penyambungan.

   - Pengendalian.

SUMBER : https://miamey97.blogspot.com/2017/09/mengenal-briker.https

0 komentar:

Posting Komentar